Wednesday 20 August 2014

Budidaya Kangkung Hidroponik

Budidaya Kangkung Hidroponik

Budidaya kangkung hidroponik bisa menjadi alternatif untuk anda yang tidak memiliki cukup lahan yang luas untuk menanam kangkung. Kangkung merupakan sayuran yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Bahkan mungkin anda gemar sekali memakan olahan yang terbuat dari sayur kangkung ini.

Budidaya kangkung hidroponik tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Anda bisa mempunyai kangkung segar dirumah anda dengan menggunakan sistem hidroponik ini. Bagaimana cara budidaya kangkung hidroponik?


Tahap persiapan

Pada tahap ini Anda harus menyediakan semua piranti yang digunakan untuk melakukan penanaman kangkung secara hidroponik. Piranti yang digunakan untuk menanam kangkung secara hidroponik antara lain: pot, pasir, air dan styrofom. Pot digunakan untuk menampung air dan juga pasir yang digunakan untuk menanam kangkung secara hidroponik. Air yang baik digunakan adalah air yang berasal dari sumur. Hal ini karena kandungan zat yang terdapat pada air sumur sangat baik untuk pertumbuhan kangkung. Styrofom digunakan sebagai penahan kangkung ketika sudah ditanam pada media pot yang digunakan. Caranya dengan melubangi styrofom sebesar 1 cm.

Tahap Penanaman

Pada tahap ini bibit kangkung yang sudah disiapkan ditanam pada pot yang sudah terisi oleh pasir dan juga air. Jangan mengisi pot dengan terlalu banyak air dan pasir. Hal ini dapat mengganggu pertumbuhan dari kangkung. Ketika memasukkan kangkung harus dilakukan dengan hati-hati. Kangkung dimasukkan kedalam styrofom yang sudah dilubangi.

Cara menanam kangkung dengan teknik hidroponik memiliki banyak kelebihan antara lain:
kangkung akan tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang singkat. Hal ini terjdi karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman kangkung dapat terpenuhi. Anda dapat buktikan dengan melakukan eksperimen di rumah Anda. Coba Anda bandingkan kangkung yang ditanam di atas tanah dengan kangkung yang di tanam secara hidroponik.

Kelebihan lain cara menanam kangkung secara hidroponik yaitu dapat menghasilkan tanaman kangkung yang organik. Saat ini segala macam bahan makanan yang organik sedang sangat booming di pasaran. Oleh karena itu, jika Anda menanam kangkung secara hidroponik dapat menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini disebabkan karena harga dari kangkung organik lebih mahal dari kangkung biasa.

sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.

Bertanam Hidroponik itu menyenangkan !

Baca juga Budidaya Bayam Hidroponik

sumber : bearxlog.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment